Minggu, 08 Januari 2012

Peran Ayah Terhadap Bayi

Berikut merupakan beberapa peran yang bisa dilakukan ayah selain untuk mendekatkan diri dengan bayi, tetapi juga berinteraksi dengan bayi.
- Sebisa mungkin selalu berada disamping istri dan menjadi orang pertama yang memberi dorongan ketika istri sedang dalam proses persalinan maupun pascapersalinan. Selama proses kehamilan, persalinan dan pascapersalinan, ibu seringkali merasa emosinya tidak stabil. Oleh karenanya dibutuhkan dukungan penuh dari suami.

- Melibatkan diri dalam perawatan si kecil.
Ikutlah ambit bagian dalam merawat si kecil. Apalagi saat ibu harus beristirahat. Membantu menggantikan popok, menggendong, dan menenangkannya saat rewel akan sangat membuat ibu merasa terbantu dan didukung.

- Membangun kedekatan dengan sang buah hati sejak awal.
Ibu bisa mendekatkan hubungan batin antara ayah dengan bayinya sejak janin masih dalam kandungan. Semakin awal mendekatkan hubungan batin dengan bayi, semakin cepat kontak batin terjalin. Saat si kecil lahir segera lakukan kontak fisik.

- Memberi dukungan pada istri jika ia berniat memberikan ASI eksklusif pada bayi.
ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. ASI mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Oleh karenanya, dukunglah istri sepenuhnya saat istri ingin memberikan ASI ekslusif. Dukungan dari pasangan akan sangat membantu menguatkan tekad untuk menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar