Selasa, 17 Januari 2012

RECTUM DAN ANUS

Rectum dan anus merupakan bagian terakhir dari Tractus Digestivus. Rectum terletak didasar rongga panggul, dibelakang bawah Genetalia Interna bagian ini jelas dapat dibedakan dengan colon karena bagian ini tidak mengandung Haustrae dan tidak adanya Appendices Epiploicae dan Taenia.
Rectum ini terbagi 2 bagian :
1. Bagian atas, disebut Ampula Recti merupakan suatu kantong penyimpanan.
2. Bagian bawah, merupakan saluran yang tertutup oleh karena yang disebut Canalis Recti.

1. Ampula Recti, merupakan suatu bagian yang terpenting dari pada tractus digestivus karena merupakan suatu bagian yang mengatur pengeluaran Faeces dari Tractus Digestivus, otot ini dikelilingi otot tidak sadar dan sadar, otot tidak sadar yaitu Musculus Sphincter Ani Internus dan otot Musculus sphincter Ani Externus.
Di permukaan dalam dinding canalis Recti terdapat anyaman pembuluh darah arteri dan vena yang disebut Plexus Haemorhaidalis.
Musculus Sphinter ani Externus dan anus dipengaruhi oleh syaraf tak sadar dan sadar, syaraf sadar dipengaruhi oleh kemauan kita, sedangkan syaraf tidak sadar diluar kemauan kita. Pemberian darah dari Plexus Haemorhaidalis vena – vena disebut Hamohod.
Bila Haemorhoid ini sakit maka ini disebut Haemorhoid Externa, kaerna terletak dibawah kulit dan dipengaruhi oleh syaraf sadar. Sedangkan bila Haemorhoid itu tidak sakit disebut Haemorhoid Interna, karena dipengaruhi syaraf tak sadar.
Jika Ampula Recti sudah penuh oleh faeces maka kita merasa akan buang air besar (Defecatie) kemudian otak memerintahkan supaya sphincter ani externus dibukakan maka terjadilah proses buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar